ads

Minggu, 14 Juni 2015

Ketahui hal mendasar berikut ini dalam memulai bisnis anda

ketika kamu hendak memulai sebuah usaha, tentu membutuhkan modal atau investasi untuk memulainya, sekecil apapun usaha tersebut. Sebelu... thumbnail 1 summary

ketika kamu hendak memulai sebuah usaha, tentu membutuhkan modal atau investasi untuk memulainya, sekecil apapun usaha tersebut. Sebelum memulai usaha dan mencari investasi, ada baiknya kamu belajar fakta seputar modal terlebih dahulu, supaya nggak kaget.

1. Investor awal adalah teman terbaikmu


Teman baik disini bukan berarti teman kamu yang menjadi investor, ya. Dikatakan teman terbaik karena meskipun usaha belum berjalan, dia sudah percaya dan berani menyuntikkan dananya dalam usaha tersebut. Jadi, jaga hubunganmu dengan investor satu ini, dan jangan pernah melupakan budinya..


2. Investor baru pasti menuntut lebih
Lalu, bukan berarti investor baru bukan seorang teman. Investor baru juga teman, hanya saja mereka orang-orang yang mau investasi jika hasilnya sudah nampak. Mereka umumnya menuntut lebih banyak, dan memiliki ekspektasi lebih tinggi. Kamu harus siap menghadapi tekanan dari mereka, oke?


3. Kamu hanya punya kesempatan sekali untuk membuat investor tertarik
Persiapkan presentasi dan proposal bisnis sebaik mungkin. Didalam bisnis, nggak ada yang namanya kesempatan kedua. Kalau kamu membuat investor ilfil, jangan harap mereka akan melirikmu lagi. Persiapkan diri kamu juga untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari investor.
4. Sebisa mungkin, jangan menggunakan uang kerabat atau teman dekat
Ini adalah saran yang harus kamu ingat. Alasannya sederhana, kalau kamu meminjam uang mereka, dan tiba-tiba bisnismu kacau dan bangkrut, kamu nggak bisa membayar mereka, dan akibatnya hubungan kalian rusak. Daripada hal ini terjadi, lebih baik kamu pinjam pada pihak lain, contohnya bank. Meskipun hubunganmu pasti rusak kalau nggak bisa membayar, setidaknya mereka bukan teman terbaikmu, kan? Lebih baik hubungan orang lain rusak daripada hubungan dengan teman, apalagi keluarga sendiri. Tentunya, kamu wajib berjuang sebaik mungkin supaya nggak gagal.


5. Investasi awal adalah yang paling berat, kamu harus bisa bertahan

Saat investasi awal, kamu benar-benar nggak memiliki apapun. Semua uang mungkin dikerahkan untuk membangun bisnis. Jadi, akan terdapat badai yang tak terhitung akan menerpa kamu. Bertahanlah. Kalau bisa bertahan, kemungkinanmu untuk sukses semakin besar.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini