ads

Minggu, 14 Juni 2015

Lulus kuliah terus kerja? bisnis dong! nih, 10 alasan untuk memulainya

Lulus kuliah terus kerja adalah jalan paling standar yang umumnya diambil banyak orang. Tetapi apakah kerjaan yang bakal kamu dapat saat lu... thumbnail 1 summary
Lulus kuliah terus kerja adalah jalan paling standar yang umumnya diambil banyak orang. Tetapi apakah kerjaan yang bakal kamu dapat saat lulus kuliah pasti bidang yang kamu benar-benar suka dan jadi “passion” kamu? Belum tentu! Banyak kok sarjana lulusan S1 masih nganggur.
Lalu, bayangin kalo akhirnya kamu lulus kuliah, dapat kerjaan yang biasa, masuk jam 9 pulang jam 5 sor, tiap hari, 5 atau 6 hari seminggu, mau cuti juga mesti ikut peraturan kantor/perusahaan tempatmu bekerja. Inikah masa depan yang kamu inginkan?
Dan buat kamu yang kreatif, punya bakat bisnis, simak ini:
“When you don’t build your own dream, someone else will hire you to build their dream” –Tony Gaskins.
Jadi seperti kata Tony Gaskins, mending kerja untuk impianmu sendiri, bangun bisnismu, daripada kerja buat mimpi orang lain.

Dan inilah 10 alasan untuk memulai bisnismu sendiri:


#1. Kamu tahu kebiasaan kerjamu.
Tak ada yang mengerti bagaimana kamu bekerja lebih baik dari dirimu sendiri. Kenapa milih bekerja untuk seseorang yang mungkin tidak akan menghargainya? Kamu tahu berapa banyak kerjaan yang bisa kamu selesaikan, dan seberapa pintarnya dirimu.
Aplikasikan hal ini buat bisnis yang bener-bener kamu inginkan, dibanding urusan yang tak cocokmu.

#2. Kamu akan belajar bekerja cerdas.
Pada pekerjaan tetap, kamu belajar bagaimana bekerja lebih cerdas daripada lebih keras. Tapi, karena itu bukan uangmu, kamu masih bisa main-main, kamu mungkin tidak berusaha cukup keras untuk menyelesaikan suatu kerjaan dengan cukup cepat.
Ketika kamu memulai bisnism sendiri, kamu harus belajar bagaimana melakukan banyak pekerjaan dalam waktu singkat. Kamu akan menjadi lebih efisien, hasilnya kamu punya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan hal lain.

#3. Kamu akan memahami nilai kerja keras.
Menjadi seorang pengusaha adalah kerjaan paling menantang di dunia. Tapi, juga yang paling berharga. Semua waktu dan tenaga usaha yang dilimpahkan ke dalam bisnismu hasilnya bakal setimpal.
Kamu akan menghargai ketika kamu mulai mendapat keuntungan, kamu jadi ingin terus bekerja lebih keras untuk mendapatkan haisl yang lebih baik. Kamu tidak akan pernah lagi menyia-nyiakan bahkan 1 jam pun dalam sehari, karena kamu tahu waktu bisa dapat keuntungan dengan waktu tersebut.

#4. Kamu akan dapatkan keterampilan penjualan dan networking.
Ketika mulai bisnis, kamu harus dapat menemukan orang yang tepat untuk membantumu. Kamu harus belajar bagaimana berbicara dengan orang-orang dan bagaimana menjual bisnismu jika kamu ingin bisnismu bertahan
Pada pekerjaan biasa, ada orang lain yang melakukan tugas ini untukmu, yang tidak akan menguntungkanmu nanti, saat kamu bergerak naik ke jabatan yang lebih tinggi. Kamu bisa belajar membangun hubungan yang lebih kuat, dan hal itu akan terbayar saat kamu membutuhkannya.

#5. Kamu akan bekerja dengan jadwalmu sendiri.
Tak ada yang akan memberitahumu kapan untuk ngantor. Kamu akan menjadi bosmu sendiri, hingga yang menentukan kapan kamu harus bekerja dan apa yang harus kamu capai hari itu.
Kamu jadi tak harus bekerja dengan sangat lambat kecuali kamu memutuskan begitu. Hal ini bisa jadi berkah sekaligus kutukan. Tetapi kamu akan menuai hasil dari kutukan ini nantinya

#6. Kamu hanya punya waktu dan energi terbatas.
Jika menunggu nanti untuk memulai bisnis, mungkin sudah terlambat. Pikirkan ini, memulai keluarga dan punya anak dan meluncurkan startup tidak bisa berbarengan. Jadi sebaiknya mulai bisnis saat kamu masih belum punya tanggungan keluarga. Jika mulai bisnis lebih awal, punya keluarga atau pensiun dini jadi lebih gampang.

#7. Kamu takkan rugi.
Saat baru lulus dari perguruan tinggi, kemungkinan besar kamu belum punya banyak hal atau belum punya banyak tanggungan yang harus tergantung pada gajimu.
Jadi, kenapa tak memulai sesuatu saat kamu masih punya waktu untuk bisa egois? Kamu tak harus menggadaikan rumah atau menjual mobil untuk memulai bisnis.

#8. Kamu masih segar dengan banyak ide.
Saya tidak mengatakan bahwa semakin tua ide-ide menjadi lebih sedikit. Hanya saja lebih mungkin bertindak dengan ide-ide gila tersebut sekarang dibanding nanti. Kamu mungkin berpikir dua kali untuk memulai usaha, jika menunggu 20 tahun dari sekarang.
Kamu punya bertahun-tahun untuk menghasilkan berton-ton ide, dan belajar banyak strategi. Jadi, mengapa tidak mulai menggunakan sekarang, daripada menunggu bertahun-tahun untuk dipromosikan di perusahaan yang bahkan mungkin tidak mengakui ide-ide mu?

#9. Kamu bakal jadi lebih cerdas.
Karena kamu harus belajar tiap aspek bisnismu, Kamu akan menjadi lebih cerdas dalam hal memulai bisnis dibanding jika kamu mengerjakan kerjaan perusahaan.
Kamu akan menjadi seorang akuntan, pemasaran, salesman dan segala macam posisi lain. Tak ada orang lain yang akan mampu menangani jumlah pekerjaan sepertimu.

#10. Melakukan apa yang paling kamu sukai.
Begitu banyak lulusan perguruan tinggi yang menyerah pada kehidupan datar membosankan, karena mereka diberitahu apa yang harus mereka lakukan. Jangan menjadi orang seperti itu.
Kamu selalu tahu apa yang ingin kau lakukan, jadi mengapa tidak melakukannya? Jangan mengerjakan pekerjaan yang menyebalkan. Ciptakan karir mu sendiri!


Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini