ads

Minggu, 14 Juni 2015

Ini cara supaya bisa bekerja sambil bisnis

Bagi sebagian orang, keluar secara langsung dari pekerjaannya untuk sepenuhnya fokus dalam menjalankan bisnis sendiri adalah hal cukup must... thumbnail 1 summary
Bagi sebagian orang, keluar secara langsung dari pekerjaannya untuk sepenuhnya fokus dalam menjalankan bisnis sendiri adalah hal cukup mustahil. Bukan karena orang tersebut tak percaya diri, hanya saja sebuah bisnis baru memerlukan modal usaha cukup besar, dan tak mungkin balik modal dalam waktu sehari saja.
Sehingga, ada beberapa orang yang harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sekaligus supaya bisnis tetap berjalan. Karena hal inilah, banyak orang yang berpikir mustahil dan tidak mungkin untuk menjalankan bisnis bersamaan dengan bekerja. Padahal, hal ini bisa dilakukan. Ini dia triknya!

1. Cari partner / co-founder yang sanggup menyeimbangi kamu

Tidak perlu cari partner yang sempurna. Pokoknya, dia sanggup menyeimbangi segala kekuranganmu. Sehingga kalian berdua saling melengkapi (#ceileh). Justru, lebih baik terdapat 2 orang founder yang memimpin bisnis daripada kamu menjalankan semuanya sendirian. Dimana-mana, kamu butuh masukan atau pemikiran berbeda dari orang lain agar bisnis tersebut sempurna.

2. Atur jadwal yang baik untuk mengembangkan bisnismu

Konsekuensi dari menjalankan bisnis sambil bekerja di kantor, kamu harus menyusun waktu dengan baik. Jangan sampai waktumu habis di kantor dan bisnismu jadi terbengkalai. Merasa nggak punya waktu sama sekali? Hm, mungkin bisnis ini bukan passion kamu, jadi kamu nggak memperjuangkannya dengan baik.

3. Belajar berkata tidak pada teman

“Ayo dong, hang out bareng! Nggak gaul abis sih lo!” pasti godaan datang dari mana-mana. Namun, kamu wajib menahan diri serta terus fokus pada tujuan utama kamu. Lagipula, kamu nggak bakal bisa untuk menyenangkan semua orang kok. Jadi, belajarlah berkata tidak, dan fokus untuk meraih yang kamu inginkan.

4. Pasang target yang rasional

Target tinggi itu oke, namun harus rasional. Jangan baru mulai kamu sudah menargetkan untuk membuat untuk sebesar Rp 10 juta rupiah per hari. Bisa dibilang, kamu berkhayal kalau memasang target segitu tingginya. Mulailah dari bawah, bangun secara perlahan sampai sukses.

5. Jangan menjalankan bisnis yang hanya booming sementara. Buatlah bisnis yang tak pernah ada masanya

Membuat bisnis yang booming memang bagus, namun kalau sudah tidak tenar lagi, kamu mau berbisnis apa? Jadi, lebih baik buatlah sebuah bisnis yang selalu dibutuhkan orang-orang. Misalnya saja, daripada hanya menjual Tas Frozen yang lagi booming itu, lebih baik kamu membuat model-model tas lainnya yang sederhana namun modis.

6. Persiapkan mental untuk menempuh perjalanan bisnis yang tak menentu

Beda halnya dengan kerja kantoran, berbisnis sendiri itu penuh trik, dan selalu ada kejadian tak terduga. Kamu harus siap menghadapi segala badai menghadang di depan mata. Belum lagi persaingan dari kompetitor yang sangat ketat dan makin ketat seiring hadirnya social media. Bersiaplah, oke?

7. Jangan pernah lelah untuk belajar

Manusia nggak akan pernah menguasai seluruh hal didunia ini. Pasti ada saja yang belum diketahui oleh kita. Jadi, kita nggak boleh bosan untuk belajar dan belajar lebih lagi. Bekali diri dengan pengetahuan baru setiap harinya. Jangan malas untuk mengikuti berita-berita yang ada di sekitar.
Sekali lagi, tak ada yang mustahil! Yuk, mulai berbisnis sendiri dari sekarang!


Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini