ads

Minggu, 14 Juni 2015

Ini yang dilakukan orang-orang sukses sebelum tidur

Hal yang Anda lakukan sebelum tidur berpengaruh terhadap suasana hati dan energi ketika bangun. Orang-orang sukses mengerti bahwa kesuksesa... thumbnail 1 summary
Hal yang Anda lakukan sebelum tidur berpengaruh terhadap suasana hati dan energi ketika bangun. Orang-orang sukses mengerti bahwa kesuksesan mereka dimulai dan diakhiri dengan kesehatan fisik dan jiwa, yang berarti kebanyakan bergantung pada sebanyak apa waktu yang dibutuhkan untuk tidur.

Itu kenapa kebiasaan sebelum tidur menjadi ritual penting bagi kebanyakan orang sukses. Apa saja kebiasaan orang sukses sebelum tidur itu?

1. Mereka membaca.

Para ahli setuju bahwa membaca adalah hal paling akhir yang orang sukses lakukan sebelum tidur. Michael Kerr, pembicara bisnis internasional dan penulis buku You Can’t Be Serious! Putting Humor to Work, mengatakan ia tahu beberapa petinggi bisnis menyediakan waktu khusus untuk membaca sebelum tidur dan bahkan mencatatnya di kalender mereka sebagai “hal yang tidak dapat diperundingkan”.

Beberapa orang sukses menggunakan waktu mereka untuk membaca berita hari itu, melihat-lihat blog teknologi, atau berselancar di media sosial, sementara beberapa orang sukses lainnya menikmati bacaan fiksi dan filsafat kuno sebelum tidur.

2. Mereka membuat daftar yang harus dilakukan.

“Membersihkan pikiran supaya mendapatkan tidur yang berkualitas sangat penting bagi kebanyakan orang sukses,” kata Kerr. “Mereka sering menggunakan waktu tersebut untuk membuat daftar hal yang belum sempat dilakukan agar bisa dilakukan di kemudian hari sehingga mereka tidur dengan tidak memikirkan hal-hal tersebut.”

3. Mereka menghabiskan waktu bersama keluarga.

Michael Woodward, Ph.D., psikolog yang ahli dalam mengorganisasi dan penulis The YOU Planmengatakan bahwa mengobrol dengan pasangan, anak, atau bermain dengan anjingmu sangatlah penting.

Sementara Laura Vanderkam, penulis What the Most Successful People Do Before Breakfast, mengatakan hal ini latihan yang biasa dilakukan orang-orang sukses. “Saya sadar tidak semua orang bisa pergi tidur bersamaan dengan pasangan mereka, tapi kalau Anda bisa, ini merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dan berbicara tentang hari Anda.”


4. Mereka membayangkan kembali.

Kerr mengatakan kebanyakan orang sukses memanfaatkan waktu mereka sebelum tidur untuk membayangkan kembali, atau menulis, tiga hal yang mereka apresiasi di hari itu. Menurutnya, membuat jurnal semacam itu mengingatkan kita pada perkembangan yang mereka buat hari itu, yang akan terus membuat mereka termotivasi. Apalagi ketika mereka mengalami masa sulit.

5. Mereka bermeditasi.

Kebanyakan orang sukses menggunakan waktu 10 menit mereka sebelum tidur untuk bermeditasi. Dale Kurow, pelatih eksekutif yang berbasis di New York, mengatakan hal itu merupakan cara terbaik untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

6. Mereka merencanakan tidur.

Tidur cukup merupakan tantangan bagi orang yang suka bekerja atau wirausaha. Akan tergambar jelas di wajah jika waktu tidur Anda kurang. Satu cara agar wajah orang-orang sibuk itu tidak terlihat menyeramkan adalah tidur di waktu yang konsisten setiap malam. Ini merupakan kunci kebiasaan orang-orang yang ahli soal tidur agar mendapatkan tidur malam yang menyehatkan.

Vanderkam juga menyarankan agar Anda merencanakan ketika bangun nanti, berapa jam yang Anda butuhkan untuk tidur, dan nyalakan alarm untuk mengingatkan kapan Anda harus tidur.

7. Mereka mencabut dan memutus hubungan dengan pekerjaan.

Sebelum tidur, orang-orang yang benar-benar sukses akan melakukan apapun, kecuali bekerja, kata Kerr. Mereka tidak terus menerus mengecek email, dan mencoba untuk tidak berkutat dengan apapun yang berkaitan dengan pekerjaan.

Woodward juga mengatakan Anda harus memberi waktu luang di antara waktu membaca emailterakhir dan waktu tidur. Ini Anda lakukan agar tidak memikirkan pekerjaan sebelum tidur.

8. Mereka berbaring dengan catatan positif.

Terus memikirkan hal negatif yang terjadi di hari itu memang lebih mudah dibanding Anda langsung tertidur. Namun seburuk apapun hari berjalan, orang-orang sukses mampu menghindari pikiran negatif karena mereka tahu itu hanya bisa menimbulkan stres.

9. Mereka membayangkan kesuksesan di esok hari.

Menurut Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job, orang-orang sukses akan menggunakan waktu sesaat sebelum tidur untuk membayangkan hasil positif dari proyek yang sedang mereka kerjakan. “Bagi kebanyakan orang, ini bukan sebuah tugas atau latihan; mereka dianugerahi kemampuan alami untuk menyelesaikan sesuatu,” kata Lynn.

Sumber: Business Insider


Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini