ads

Minggu, 14 Juni 2015

nggak mau bisnismu kandas? rencanakan hal-hal ini dulu!

Seiring perkembangan jaman, serta bumi yang bertambah padat, saingan kita pun semakin banyak setiap harinya. Sama halnya dengan Indonesia, ... thumbnail 1 summary
Seiring perkembangan jaman, serta bumi yang bertambah padat, saingan kita pun semakin banyak setiap harinya. Sama halnya dengan Indonesia, apalagi di kota-kota besar. Berbagai orang dari kalangan muda hingga tua berusaha untuk membuka bisnis kecil sebagai mata pencaharian mereka. Namun, kalau tak direncanakan dengan baik, tentu bisnis tersebut dapat jatuh ke dasar jurang!

1. Perhitungkan kebutuhan finansialmu serta berapa lama modalmu kembali
“Pokoknya, jualan semangka, pasti sukses!” Bukannya mau meremehkan atau apa ya… namun kalau tidak dihitung, seberapa unik dan berprospeknya bisnis tersebut, kamu nggak akan menjalankannya dengan lancar. Perhitungan itu penting dilakukan agar langkah yang diambil berikutnya itu tepat.
Nggak perlu perhitungan yang sulit kok. Cukup catat saja berapa biaya sewa, peralatan, bahan, serta membayar pegawai yang kamu perlukan. Setelah itu, hitung juga berapa harga jual yang menguntungkan untukmu, berapa banyak kamu bisa menjual itu setiap harinya. Jadi kamu tau pasti target dan berapa keuntunganmu.


2. Sesuaikan kebutuhan karyawan dengan baik

Kalau belum cukup modal atau omset untuk menyewa pegawai, maka bekerjalah sendiri tanpa bantuan pegawai! Saat bisnis berkembang, barulah kamu bisa mempekerjakan pegawai. Maksimalkan tenaga pegawai semaksimal mungkin. Jangan sampai pegawai terlalu banyak menganggur. Namun, jangan  memeras seluruh tenaga mereka juga ya, karena itu namanya penyiksaan!


3. Rundingkan strategi bisnis dengan partner bisnismu
Apakah kamu membangun bisnis ini bersama orang tua, teman, pacar, atau siapapun itu? Yuk dong, rundingkan dan bagikanlah ide-ide yang tertanam di kepala kalian masing-masing tersebut. Jangan hanya menyimpannya dalam hati. Sebuah bisnis dapat berkembang lebih baik jika terdapat banyak ide-ide bagus didalamnya.


4. Ketahui bagaimana langkah-langkah atau serangan yang dilakukan competitor

Fokus pada bisnismu itu baik, namun kamu harus paham gerak-gerik apa yang sedang dilakukan oleh competitor. Siapa tau competitor sedang menyiapkan serangan menakutkkan, dan kamu harus bersiap untuk menghadapinya. Jangan sampai kaget dan tak siap, karena kamu bisa tenggelam hanya dalam balikan telapak tangan.
5. Jangan pelit dalam segala hal, apalagi kalau itu fungsinya menonjolkan bisnismu! Tentu saja, dengan perhitungan ya!
Kalau ada pameran yang berhubungan dengan bisnis kamu dan dapat menarik banyak pelanggan, jangan ragu untuk berinvestasi kedalamnya. Tentu saja, jangan sembarangan ikut pameran. Ikutlah yang bereputasi dan jelas tujuannya supaya nggak buang-buang duit.
Nah, terapkan 5 hal tersebut, dan selamatkan bisnis kamu dari tebing jurang!

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini