ads

Minggu, 14 Juni 2015

Ini cara memulai bisnis dengan modal pas-pasan

orang pesimis sebelum melangkah, terutama karena modal. Padahal, meskipun modalmu pas-pasan, kamu masih bisa menjadi seorang entrepreneur l... thumbnail 1 summary
orang pesimis sebelum melangkah, terutama karena modal. Padahal, meskipun modalmu pas-pasan, kamu masih bisa menjadi seorang entrepreneur loh! Hanya saja, perjuanganmu lebih besar daripada orang yang sudah memiliki modal.


1. Tentukan modal yang kamu butuhkan

Jangan melebih-lebihkan perkiraan modal yang dibutuhkan. HItung secara cermat, dan pastikan jumlahnya sesuai, jangan kurang atau kelebihan terlalu banyak, karena modalmu benar-benar pas. Melalui perhitungan yang baik, maka bisnismu dapat terbangun dengan lancar.


2. Pinjam pada bank

Bank adalah tempat pinjaman sempurna karena dia memiliki banyak uang. Namun, bank juga tak sembarangan memberi pinjaman. Kamu harus membuat sebuah proposal resmi dan perencanaan bisnis yang baik. Kalau bisnismu dinilai nggak berprospek, bank nggak akan mau meminjami modal. Jadi, persiapkan dirimu dengan baik, oke?


3. Tarik perhatian investor-investor

Selain dari bank, kamu bisa mempresentasikan atau mengenalkan rancangan bisnismu pada investor. Cobalah minta kenalan dari teman atau kerabat. Hati-hati, jangan membocorkan seluruh perencanaan bisnis dengan detail, karena bisa saja calon investor tersebut mencuri ide brilianmu.


4. Minimalisir segala pengeluaran bisnis, serta pengeluaran pribadi

Modal nggak cukup? Tidak perlu menyewa tempat dulu, kamu bisa memulai bisnis dari rumah. Nggak punya pegawai? Manfaatkan tenaga dari kerabat, kalau perlu lakukan segala sesuatunya sendiri terlebih dahulu, dalam skala kecil. Terdapat banyak cara kok kalau kamu memang niat dan mau berusaha lebih. Hemat juga pengeluaran kamu, dan nggak perlu jalan-jalan. Seperti kata pepatah, bersusah-susah terlebih dahulu, bersenang-senang kemudian!


5. Sebisa mungkin, jangan menggunakan seluruh uangmu


Ini untuk berjaga-jaga jika hal buruk terjadi. Misalnya saja bisnismu gagal, kamu masih punya sedikit uang untuk bertahan hidup, serta setidaknya membayar sedikit hutangmu. Selain itu, uang yang sisa sedikit tersebut bisa kamu buat usaha lain dalam skala kecil juga. Jadi, selalu milikilah rencana kedua, oke?

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini