ads

Minggu, 07 Juni 2015

Hal-hal ini terbukti ilmiah bisa menjadikan hidup lebih bahagia

“Kalau kau senang tepuk tangan!” Masih ingat potongan lagu ini yang sering kita nyanyikan sewaktu kecil? Jadi sejak kecilpun kita sudah ... thumbnail 1 summary
“Kalau kau senang tepuk tangan!” Masih ingat potongan lagu ini yang sering kita nyanyikan sewaktu kecil?
Jadi sejak kecilpun kita sudah diajarkan untuk mengenali dan merayakan rasa senang/bahagia. Kenapa? Karena kebahagiaan adalah pengalaman emosional paling positif, kunci menuju kehidupan yang puas dan bahagia. Plus, kebahagiaan dihubungkan dengan umur panjang, peningkatan sistim kekebalan tubuh, dan fungsi fisik, disamping keuntungan kesehatan lainnya.
Walaupun susah didefinisikan (karena ianya berbeda dari orang ke orang), beberapa pakar mendeskripsikan kebahagiaan sebagai kombinasi dari kepuasan dan memiliki emosi positif lebih dibanding emosi negatif. Ada juga yang melihatnya sebagai gabungan dari: perasaan senang, hidup yang baik dan merasa hidup punya tujuan yang lebih besar.
Juga ada perbedaan yang signifikan antara kebahagiaan jangka pendek dan jangka panjang. Yang pertama perasaan sekejab, yang terakhir berlaku untuk bagaimana kita mendeskripsikan hidup.
Walau beberapa faktor yang mempengaruhi kebahagiaan mungkin diluar control kita(misalnya faktor genetik atau kondisi hidup tertentu), selalu ada kegiatan yang dapat kita lakukan untuk membuat kita bahagia.

Berikut adalah hal-hal positif yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan perasaan bahagia. Gak sulit kok, coba deh simak…

#1. Lakukan kegiatan diluar rumah. Menikmati udara segar diluar rumah bisa meningkatkan moodmu. Hidup ditengah hijaunya alam diasosiasikan dengan kesehatan mental yang baik, walaupun dengan hanya melihat pemandangan alami dapat menstimulasi bagian otak yang berhubungan dengan kebahagiaan, kepositidan. Plus, kegiatan diluar rumah berarti terpapar sinar matahari, yang membantu sintesa vitamin D dalam tubuh kita. Terpapar sinar matahari 15 menit sehari sudah cukup mensuplai kebutuhan vitamin D harian kita. Selain di butuhkan dalam penyerapan kalsium, vitamin D ternyata juga dapat mencegah depresi. Sedangkan paparan sinar matahari pada kulit ternyata dapat memicu pelepasan hormon oxytocin(=hormon kebahagiaan). Tetapi kalau sang mentari lagi terik-teriknya, jangan lupa pakai tabir surya ya… ntar malah gosong, bukan hepi!

#2. Berkeringat. Kegiatan fisik juga berkontribusi pada kebahagiaan. Tahu kenapa? Kegiatan fisik membantu tubuh kita memproduksi protein untuk memerangi penyakit, yang kita kenal dengan antibodi. Dan, tubuh juga melepas erdorphin, yaitu senyawa kimia yang menaikkan mood dengan meningkatkan perasaan euphoria(rasa senang). Jadi walaupun biaya nge-gym gak murah, tapi masih sebanding dengan hasil yang diperoleh, menjadi sehat secara fisik dan bahagia!

#3. Cukup tidur. Tidur sebentar, tidur siang atau tidur yang cukup sepanjang malam, gak penting caranya, yang penting sesi tidur yang berkualitas, penting banget untuk kesehatan dan kebahagiaan.
Faktanya, riset menunjukkan kekurangan tidur(4 jam semalam) mungkin menyebabkan rendahnya level optimisme. Dan mengurangi tidur bisa membuat kita makan dengan porsi lebih besar dan menyebakan tak konsen pada kerjaan. Jadi pastikan kamu gak korupsi jam tidurmu ya…

#4. Meditasi. Walaupun meditasi kadang susah dilakukan (memang susah untuk fokus, ada saja hal yang kita pikirkan), ada banyak manfaat dari meditasi. Riset menunjukkan bahwa meditasi harian selama 8 minggu menyebabkan lebih bahagia. Ingin coba? Baca juga artikel ini 10 meditation strategi. Tetapi jika kamu pikir meditasi bukan untukmu, lompat ke cara berikutnya..

#5. Cari hobi baru. Tak hanya menstimulasi mental, tapi menantang dirimy sendiri untuk belajar ketrampilan baru dapat menyebabkan lebih bahagia. Rasa percaya diri dan pencapaian biasanya muncul seiring dengan didapatnya keahlian baru. Anggap ini sebagai alasanmu untuk mengambil kursus bahasa Perancis, atau belajar ukulele –pilih sesuatu yang benar-benar menarik minatmu dan lakukan!

#6. Tinggikan nada! Coba saja untuk cemberut ketika mendengar lagu berirama cepat –kami menantangmu! Nge-jam dapat membantu mengurangi stress –yang menyebabkan lebih bahagia secara umum. Plus, mendengarkan musik dengan tujuan untuk menjadi lebih bahagia beneran membuatmu merasa lebih bahagia, ketimbang hanya mendengarkan musik tanpa tujuan. Jadi, lain kali saat kamu mengencangkan suaru musikmu, ingat akan niatmu untuk lebih bahagia, kamu mungkin menemukan dirimu tersenyum lebih lebar.

#7. Tuliskan. Pikiran buruk itu jahat, berkuasa dan kita sangat mudah terbawa kedalamnya –dan itu terjadi tanpa peringatan, membuat kita merasa kacau. Satu cara untuk meringankan beban pikiran: Tuliskan. Coba tuangkan pikiran negatifmu pada secarik kertas, dan buang kertas tersebut. Riset menyarankan bahwa secara fisik membuang kegalauanmu dapat memperkecil dampaknya pada kita. Dilain sisi, jika kamu mencatat pengalaman positif yang kamu sukuri, kamu akan lebih bahagia dan lebih puas dengan kehidupanmu. Dan kalau kamu beneran ingin menaikkan moodmu, telepon seorang teman dan berbagi dengannya tentang cerita menyenangkan( yang pernah kamu tulis sebelumnya) –melakukan ini mungkin membuat perasaan positifmu meningkat tiga kali lipat .
#8. Hubungan seks. Tak dapat dipungkiri stres dapat membuat kita merasa down/terpuruk. Untungnya ada solusi manis: kegiatan diatas ranjang. Buat kamu yang sudah menikah, hubungan seks dapat menghilangkan stress dan kegelisahan. Dan kalau kamu butuh alasan untuk melakukannya lebih sering, pertimbangkan ini: riset menyarankan bahwa lebih sering seseorang melakukan hubungan seks akan lebih bahagia dibanding yang tidak. Satu penelitian menyarankan berhubungan seks sekali seminggu mungkin membuatmu merasa seperti mendapatkan perasaan bahagia, sama seperti perasaan bahagia mendapatkan tambahan 500 juta rupiah. Walaupun katanya uang tak bisa membeli kebahagian, tapi uang berperan penting dalam hal ini.

#9. Tahu berterima kasih. Semasa kecil, kita sering diingatkan oleh ortu kita untuk mengucapkan terima kasih –melakukan ini dapat membuatmu lebih sehat dan bahagia. Dan sebagai tambahan, dengan sikap berterima kasih mungkin menyebabkan emosi positif ( termasuk meningkatnya energi dan optimisme) dan perasaan lebih baik. Selain dengan berterima kasih pada orang lain, coba tuliskan tentang apa yang kamu sukuri tiap hari, Para Pakar menyatakan bahwa dengan menuliskan 1 kalimat tentang rasa sukurmu tiap hari akan meningkatkan perasaan bahagia.

#10. Persahabatan. Persahabatan yang positif membuat kita merasa lebih yakin, lebih sedikit stres dan lebih bahagia. Jadi teruslah menambah teman baru dan menjaga teman yang sudah ada, akan lebih bahagia!

#11. Bagikan kebahagiaan. Seperti menguap dan beberapa kasus cengiran, kebahagiaan itu bisa menular. Satu penelitian menemukan bahwa kebahagiaan punya efek air terjun diantara teman-teman kita ( dan teman nya mereka,… dan temannya teman mereka). Ketika seseorang itu bahagia, itu menyebar pada teman-teman dan seluruh jaringan sosial dalam jangka panjang. Cara yang lumayan mengagumkan untuk mempengaruhi orang lain, kan?

#12. Ikhlaskan.
Mengadopsi sikap hakuna matata(=gak masalah, bahasa Swahili) dapat meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan. Lebih gampang bicara daripada melakukan sih, tetapi dengan memisahkan dirimu dari kesalahan, kecemasan, dan penyesalan menyebabkan lebih riang. Faktanya, memendam perasaan dendam dan terluka dapat membuatmu terikat pada masa lalu dan susah untuk move on. Buatlah keputusan untuk berbahagia dengan memaafkan orang yang melukaimu, tinggalkan situasi dari masa lalu yang membuatmu terpuruk.

#13. Praktekkan perawatan diri tiap hari. Dengan jadwal padat harian, mudah bagi kita untuk lupa merawat diri. Tentu saja tanpa perawatan diri yang memadai, kita jadi tak bahagia, tak terurus bahkan sakit. Jadi jangan lupa ya, kegiatan rutin perawatan diri seperti mandi, sikat gigi, pakai tabir surya, olahraga harian, makan yang sehat, dan sebagainya itu tetap harus dilakukan, supaya tetap sehat. dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yg sehat.

#14. Yoga. Buat yang suka, yoga ternyata juga dapat meningkatkan level kebahagiaan. Dan juga bisa menghilangkan stress serta meningkatkan kekebalan tubuh ya. Jadi penting juga buat kesehatan dan kebahagiaan dalam jangka panjang, kan.

#15. Makanan sehat dan bergizi seimbang. Riset menemukan kebahagiaan dan kesehatan mental paling tinggi diantara mereka yang makan banyak buah dan sayuran ( 7 porsi, dalam kasus ini). Juga, beberapa nutrisi seperti kalsium, zat besi secara khusus dapat membuatmu merasa lebih baik. Jadi makanlah makanan yang sehat dengan

#16. Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Sering, kita menjadi musuh paling buruk bagi diri kita sendiri. Memang baik menyadari kesalahan, dan berusaha memperbaiki, terus-menerus menekan diri sendiri untuk mencapai sesusatu adalah cara tercepat untuk menjadi terpuruk. Faktanya, para pakar percaya bahwa kritikan diri hanya membuat diri kita menderita. Jadi, daripada terus berkutat dengan kegagalan, mari fokus pada mengapa dan bagaimana kamu harus menghargai dirimu. Perubahan ini akan membantumu menjadi lebih kuat, lebih produktif, kurang stress, dan ya, lebih bahagia.

#17. Warna Kuning. Lain kali kamu merasa terpuruk, coba menuai kekuatan dari warna kuning. Orang bahagia cenderung mengasosiasikan mood mereka dengan warna cerah. Dan sejak lama orang cenderung menganggap

#18. Kekuatan bunga. Terlepas dari mencerahkan ruangan, bunga juga mencerahkan mood. Pajangan bunga mungkin mengurangi rasa sakit dan kegelisahan dan meningkatkan emosi positif. Suatu penelitian menunjukkan bahwa memandangi bunga saat pertama bangun di pagi hari menyebabkan meningkatnya kebahagiaan dam energi dan mengurangi kegelisahan. Tak hanya itu, dikelilingi oleh kuntum-kuntum bunga dapat juga secara positif mempengaruhi jam 9 ke 5 mu –sudah terbukti meningkatkan kreatifitas dan membuat 
lingkungan kerja terasa lebih menyenangkan.

#19. Minimalkan stress. Ketika menjadi masalah kronis, stress si monster besar yang jahat ini bertanggung-jawab pada segudang masalah, termasuk kegelisahan, masalah tidur, depresi, dan bahkan –semua ini dapat menurunkan mood. Untuk menjaga semangatmu tetap menyala, cobalah untuk mengatasi stress.

#20. Gelas setengah penuh. Kalau ada sifat yang terkait dengan kebahagiaan, ia adalah optimisme. Orang yang berpikir secara positif lebih kecil kemungkinan merasa depresi, lebih produktif saat kerja, dan secara umum lebih sehat dari rekan mereka yang putus asa dan murung. Penting untuk bersikap optimis dan realistis, daripada positif buta (faktanya, memaksa diri kita untuk positif berlebihan mungkin lebih membahayakan dari pada membantu, khususnya buat mereka yang cenderung berpikir sinis.). Orang dengan kombinasi sehat dari optimis dan realistis tidak membiarkan pikiran tak bahagia membuat mereka terpuruk, tetapi menggunakan cara pandang realistis mereka untuk membuat keputusan dan tindakan bijak.

#21. Pembicaraan bermakna. Obrolan ringan mungkin menghibur dan gak perlu usaha, tapi hal ini tak membantumu untuk mencapai hidup bahagia. Dalam satu penelitian, orang yang lebih sedikit terlibat obrolan ringan adalah yang paling bahagia. Dan bicara tentang kecakapan berbicara, menjadi pendengar yang baik mungkin menyebabkan perasaan lebih baik, hubungan yang kuat dan pengalaman yang lebih baik.

#22. Tuntaskan tugasmu. Faktanya, karna ia mencegah kita mencapai tujuan kita, penundaan menghilangkan kebahagiaan. Hindari untuk menunda tugas dan terus bekerja mencapai tujuan untuk meningkatkan mental. Walaupun menaklukan suatu tantangan membuat kita stress saat menjalanua, ia membuat kita lebih bahagia dalam jangka panjang (kita semua sangat suka pencapaian, kan?)

#23. Mengeluh –secara benar. Berkeluh kesah umumnya dianggap hal buruk – dan yeah, sangat mnyebalkan kalau kamu yang jadi penerima keluhan tersebut. Jika dilakukan dengan benar, walaupun, ia sebetulnya bermanfaat pada kesehatan mental. Jasi, apa yang membuat mengeluh efektif? Saat menyuarakan sebuah perhatian yang membuahkan hasil, yang gilirannya menyebabkan mood dan harga diri yang membaik dan merasa lebih berdaya, efektif. Dengan kata lain, mengeluh jika dilakukan secara benar meliputi identifikasi masalah dan mengambil tindakan positif terhadapnya, tak hanya terjebak dalam lingkaran keluhan.

#24. Menabung. Menabung itu bagian penting dari hidup bahagia –dan masa depan financial yang baik. satu survey menemukan bahwa semakin banyak seseorang menabung, semakin bahagia dia.

#25. Dan menggunakan uang secara bijak. Penting banget untuk menyiapkan uang untuk kebutuhan tak terduga, memanjakan diri dan sesekali belanja dapat mengurangi kesedihan, dengan membuat kita merasa lebih terkontrol. Dan, sains menunjukkan membelanjakan uang untuk orang lain khususnya bermanfaaat untuk kebahagiaan. Dan jika kamu benar-benar meningkatkan mooodmu, pakar menyarankan mengkombinasi pemberian hadiah dan waktu yang tepat, hingga kamu dan penerima hadiah dapat menikmati proses pembelian dan waktu yang dihabiskan bersama.

Tidak disangka, hal-hal tersebut diatas mempengaruhi kebahagiaan ya… terbukti secara ilmiah lagi, yg berarti cukup akurat, boleh dipraktekkan jika kondisi memungkinka

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini