ads

Minggu, 14 Juni 2015

Lakukan kebiasaan ini mulai dari sekarang

Banyak orang bercita-cita untuk mengubah bangsanya, bahkan mengubah dunia, ke arah yang lebih baik tentunya. Namun, tidak ada seorangpun ... thumbnail 1 summary
Banyak orang bercita-cita untuk mengubah bangsanya, bahkan mengubah dunia, ke arah yang lebih baik tentunya. Namun, tidak ada seorangpun yang bisa mengubah dunia tanpa mengubah dirinya sendiri terlebih dahulu. Perubahan itu harus dimulai dari kebiasaan sehari-hari. Karena dari kebiasaan akan tumbuh karakter, dan karakter yang baik akan menjadikan kehidupan Anda lebih indah di masa depan. Jadi, berapapun usia Anda, yuk mulai lakukan hal-hal di bawah ini.

1. Mendekatkan diri pada Tuhan
Semakin mapan seseorang, semakin tinggi pendidikannya, sering membuat manusia lupa akan ketergantungannya pada Tuhan. Padahal, mendekatkan diri pada Tuhan akan membuat kita semakin bijaksana, tahu apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan, serta memberikan damai di hati. Berdoa setiap hari, menjalankan shalat dengan sungguh-sungguh, atau apapun ritual agama Anda, lakukanlah ibadah dengan sungguh-sungguh karena itulah kunci kebahagiaan.

2. Berpikir positif
Berpikir positif akan meringankan masalah yang sedang Anda alami. Untuk melakukannya, cobalah mencari sisi positif dari setiap masalah yang Anda alami. Ketika berhadapan dengan orang yang kurang menyenangkan, cobalah untuk mengkritisi perbuatannya, bukan membenci orangnya. Ketika menghadapi tugas yang sulit, pikirkan bahwa sesudah menyelesaikannya, Anda akan menjadi lebih ahli dalam bidang pekerjaan Anda. Dan yang paling penting, janganlah lupa untuk bersyukur setiap hari.

3. Tidak menunda pekerjaan
Pekerjaan yang ditunda akan terus menanti Anda dan tidak akan berkurang. Bahkan, pekerjaan-pekerjaan yang tertunda tersebut akan terus menumpuk dan menyulitkan Anda untuk menyelesaikannya nanti. Ketika mendapatkan tugas, biasakan untuk langsung meluangkan waktu untuk menyelesaikannya.

4. Melakukan tugas dengan semaksimal mungkin
Kerjakanlah setiap tugas yang Anda peroleh, meskipun kelihatannya sepele, dengan semaksimal mungkin. Jangan kerjakan dengan terburu-buru atau asal jadi. Dengan membiasakan diri untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas, atasan atau dosen Anda akan memberikan kepercayaan yang lebih besar di kemudian hari. Jangan mengerjakan tugas sambil membuka handphone atau browsing di internet. Sediakan waktu khusus selama 5-10 menit untuk mencari hiburan, seperti membuka handphone atau mengobrol dengan teman.

5. Menyelesaikan sesuatu sampai akhir
Banyak pengusaha muda yang memiliki ide-ide gemilang tetapi berhenti di tengah jalan karena menemui kesulitan. Ketika Anda memulai sesuatu, kerjakanlah hal tersebut sampai selesai dan jangan mudah untuk menyerah. Kesuksesan tidak bisa diraih dalam waktu singkat dan tanpa perjuangan.

6. Menghormati orang tua
Orang tua adalah orang yang selalu bersama-sama dengan Anda, sejak Anda masih kecil dan merepotkan hingga dewasa bahkan hingga berkeluarga. Meskipun Anda tidak sependapat dengan orang tua, selalu hormati pendapat dan masukan mereka. Jangan lupa untuk terus memberi perhatian pada mereka karena mereka telah memberi perhatian sepanjang hidup Anda.

7. Bersikap baik pada semua orang
Kita tidak akan tahu betapa besarnya dampak perbuatan baik yang bisa kita berikan di kehidupan seseorang. Bersikap ramah pada tukang parkir, teman kerja, dan siapapun yang Anda temui setiap hari akan mencerahkan hari orang tersebut. Anda juga akan merasa senang ketika orang lain tersenyum pada Anda, bukan?

8. Taat pada peraturan
Banyak masalah di kehidupan sehari-hari sebenarnya terjadi karena banyak orang yang melanggar peraturan. Lalu lintas yang tidak teratur, mungkin terjadi karena ada mobil yang menerobos lampu merah atau motor yang melawan arus. Banjir bisa terjadi karena menumpuknya sampah di sungai akibat banyak orang yang buang sampah sembarangan. Hal-hal yang kelihatannya sepele sebenarnya dapat memberikan dampak buruk pada orang di sekitar kita. Biasakanlah untuk selalu menaati setiap peraturan dan tidak mencari-cari celah atau pembenaran.

9. Bergaya hidup sederhana dan tidak konsumtif
Bergaya hidup sederhana dan tidak ikut-ikutan tren akan menjadikan kondisi finansial Anda membaik dan memberikan ketenangan batin. Keinginan untuk membeli barang baru tidak akan pernah habis, maka batasilah diri Anda dan pikirkanlah berkali-kali sebelum membeli sesuatu. Apakah benda ini saya perlukan? Apakah saya masih memiliki benda yang sama yang kondisinya juga masih terawat? Apakah saya harus naik mobil pribadi padahal tersedia angkutan umum ke tempat itu? Bersikap sederhana juga akan membuat Anda lebih peka pada kondisi sosial orang-orang di sekitar Anda.

10.Mengembangkan bakat yang dimiliki

Setiap orang dilahirkan dengan bakat yang berbeda-beda. Kenalilah bakat Anda dan kembangkanlah itu meskipun orang lain menganggapnya remeh. Bakat yang terasah sejak muda akan memungkinkan Anda menghasilkan karya yang besar di kemudian hari dan bahkan mampu memperoleh penghidupan dari bakat Anda tersebut.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini