ads

Sabtu, 23 Juli 2016

Perahu Kecil

Kehidupan yang kita rasakan dan jalani diatas didunia ini tak selalu berjalan sesuai dengan harapan hati, kadang sesuatu yang diharapkan ti... thumbnail 1 summary
Kehidupan yang kita rasakan dan jalani diatas didunia ini tak selalu berjalan sesuai dengan harapan hati, kadang sesuatu yang diharapkan tidak mampu kita terima karena suatu kedaan ataupun sebab lainnya yang membuat harap dan keinginan tersebut tak menemukan titik terang hingga kadang membuat kita lemah tak berdaya. Hingga kita menjadi orang yang sulit sekali menerima kenyataan yang terjadi dalam hidup kita.

Tak semua orang yang mampu menghadapi gejolak tersebut hingga dia mampu bangun kembali ketika keterpurukan datang menghampiri hidupnya, kadang banyak dari mereka yang tak mampu menghadapi itu semua sehingga mereka pergi untuk menyerah lalu menghilang dalam keputusasaan yang mendalam. Jika hal itu telah terjadi sulit pastinya untuk kembali karena kehancuran hidup telah menaungi dalam diri walaupun bisa namun tak seperti awal dimana mereka mampu tersenyum dengan penuh semangat.

Jika menelusuri kejadian demi kejadian yang terjadi dalam perjalanan hidup didunia ini maka penulis ingin menuliskan sesuatu hal yang menurut penulis alami hingga saat ini jika hidup itu seperti sebuah perahu kecil yang akan menyeberangi lautan agar sampai keseberang sana dengan selamat dan sukses.

Dalam perjalanan menuju keseberang sana kita sepertinya harus menggunakan perahu tersebut dimana jikapun kita diam disana saja maka kau akan hancur ditelan masa dan itu sudah pasti kau sulit untuk menemukan apa arti sebenarnya dari hidup tersebut.

Dimulai dari awal kita lahir didunia ini dimana kita harus berusaha untuk melewati masa kecil kita hingga menjadi anak-anak. Dalam proses tersebut bukanlah mudah pastinya dimana kau berusaha untyk berjuang untuk mendapatkan kasih sayang sepenuhnya dari orang tua kita. Kita telah membuat suatu perubahan dalam hidup orang tua kuta dimana mereka harus berjuang agar kau bisa bertahan hidup walaupun itu kadang sulit mereka.

Hingga kita tumbuh remaja kita mulai menjalani hidup yang sebenar dimana kita semakin mengerti mana yang seharusnya kita lakukan hingga menjadi anak yang berbakti dan bermanfaat bagi orang tua kita agar mereka tersenyum. Dari remaja kita tumbuh dewasa yang pada fase inilah kita harus sangat mawasdiri karena pada fase ini kita akan menemukan banyak hal dan kita harus membuka mata jika hidup baru yang penuh dengan tantangan baru saja kita mulai.

Kehidupan baru tahap inilah kita harus memulai semuanya dengan baik agar kedepannya bisa menikmati apa yang kita inginkan. Kita harus berjuang bukan saja melawan gejolak waktu dan mereka namun kau juga harus bisa juga melawan diri agar setiap langkah tak menemukan kesulitan dalam kau menhalaninya. Walaupun ada kata sulit dan terjatuh ditengan perjalanan tersebut kau bisa bangunlah, jayuh lagi kau madih berusahan untuk bangkit karena kau begitu memahami jika srjati hidup didunia ini ya seperti itu.

Tak ada yang merasa senang tetus setiap hari dan tak jyga merasa sedih terus setiap harinya. Srmua orang akan merasakan situasi yang berbeda dan itu tentunya kau sangat memahami betapa hidup ini akan dihidangkan berbagai perkara agar kau mengerti jika hidup hanyalah sebuah perjalanan panjang yang oada suatu ketika kau akan sampai pada tujuan yang sebenarnya yaitu masa akhirmu didunia ini. Sebelumnya kau sampai pada batas akhir itu tentunya kau tak ingin hidupmu tak punya cerita dan hanya mampu duduk diam saja, kau sudah pasti ingin melakukan sesuatu hal agar kau dapat menjawab digunakan dengan waktumu didunia ini.

Dalam perjalanan dan cerita itulah hidup dapat diibarat seperti melintasi lautan yang kita mengerti jika lautan itu sangat luas dan sabgat sulit jika kita tak mengerti arah dan harus kemana. Dalam melewati lautan ini kita sebenarnya hanya dimodalkan sebuah perahu kecil dan satu sampan untuk kau gunakan dalam mengarungi lautan luas kehidupan itu. Dalam perjalanan kau menggunakan perahu kecil tersebut kau dituntut untuk menyimbangkan perahumu agar stabil dan tidak gulang-galing. Begitu juga saat kita mendayung, jangan terlalu cepat tidakpula terlaku lambat.

Pada tahap awal mungkin kau masih berada di sisi pantai dimana keindahan dan kenyaman tanpa ragu kau bergerak madih bisa kau rasakan. Fase ini disebut fase bahagia karena kau masih berada bersama orang tuamu dan kau masih bisa minta ini dan itu kepada mereka. Setelah sedikit menjauh dari sisi pantai kau berada di antara dua perpindahan yakni sisi pantai lalu ketengah lautan. Fase ini dnamakan masa remaja dimana kau akan menemukan berbagai hall yang baru dalam hidupmu dan jelas kau madih mencari jati diri.

Lalu setelah itu kau sampai pada pertengahan yang dikatakan masa dewasa. Ketika kau berada ditengah lautan ini tentunya perahumu akan menemukan berrbagai kendala baik itu ombak, badai dan hal lainnya. Jika dirimu tak mampu menyimbsngi perahumu maka sudah pasti kau akan terbalik dan ikan buas sudah menantimu drngan gembira. Jika kau lemah maka perahumu akan terombang-ambing tanpa laju. Kau harus berusaha meredam semua itu jika kau ingin selamat dalam arti jika hidup akan seperti itu dimana cobasn akan silih berganti tanpa pandang siapa dirimu dan bisakah kita vertahan dan melewatinya.

Hingga melewati fase tengah kita mendekati sisi seberang sana yang tentunya kita akan merasakan kesuksesan bukan karena kau mampu mengtasinya namun cerita hidupmu kau rasakan sendiri jadi kau sangat bersyukur dengan apa tang kau terima dalam hidupmu. Hingfa kau sampai pada sebuah pelabuhsn maka kelegaan hati akan begitu terasa walaupun diseberang sana kau tak menemukan apa-apa dalam arti hidup jikapun kau telah betusaha semaksimal mungkin namun belum membuahkan hasil tapi kau tetap merasa bangga dengan perjuanganmu karena sejatinya hidup bukan kita yang menebtukan hasilnya namun ada zat yang maha tau dan mengetahui apa yang harus dia berikan untuk kita dan pemverian itu jelas tak akan membuatmu kecewa.

Jikapun kau kembali kesana tak memiliki apa-apa diatas dunia ini namun kau akan memiliki lebih dari itu jika kau mengerti hidup itu yang sesungguhnya dan jika kau mampu mensklukan itu maka hamparan pasir pytih ditumbuhi dengan langit biru dan hotel yang megah akan kau rasakan didalam hidupmu dan kau akan merasa bahagia bukan karena kau mampu mendapatkan semuanya namun kau telah menjalabi tugas hidupmu dengan baik dan kau selalu untuk menhawab ketika waktumu kembali jesisiNYA tanpa ragu dan takut.
Maschun Sofwan


Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini