ads

Kamis, 21 Juli 2016

BUAH-BUAH KESUKAAN NABI MUHAMMAD SAW

buah-buahan dan susu Setiap apa yang Nabi Muhammad SAW lakukan selama hidupnya memiliki makna dan manfaat luar biasa. Termasuk dalam me... thumbnail 1 summary
buah-buahan
buah-buahan dan susu

Setiap apa yang Nabi Muhammad SAW lakukan selama hidupnya memiliki makna dan manfaat luar biasa. Termasuk dalam menjaga kesehatan dimulai dari mengawasi pola makan, minum dan kebiasan sehari-hari.

Asupan awal ke dalam tubuh Rasulullah adalah udara segar pada waktu subuh. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan shalat malam (qiyamul lail).
Para pakar kesehatan menyatakan, udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain.

Sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal itu sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh.
Rasulullah SAW bersabda : “Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang”. (HR. Bukhari No 6412).

Dalam hadist lain disebutkan, Rasul bersabda : “Nikmat pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak adalah ketika dikatakan kepadanya, “Bukankah Aku telah menyehatkan badanmu serta memberimu minum dengan air menyegarkan?” (HR Tirmidzi: 3358, dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albani).
Menurut Indra Kusumah SKL, S.Psi dalam bukunya Panduan Diet ala Rasulullah, kesehatan sering dilupakan.

Padahal ia seakan-akan bisa diumpamakan sebagai mahkota indah di atas kepala orang-orang sehat yang tidak bisa dilihat kecuali oleh orang-orang yang sakit. Kami mencoba untuk menyajikan kepada Anda pembaca budiman, buah-buahany yang sering kali dimakan oleh Rasulullah. 

KURMA

Kajian menunjukkan buah kurma kaya dengan zat besi dan kalsium. Unsur zat besi dan kalsium adalah unsur paling tinggi bagi pembentukan Air Susu Ibu (ASI), darah dan sumsum tulang.
Selain itu, ini juga sesuai dengan pertumbuhan anak-anak. Penelitian lainnya membuktikan kurma merupakan makanan yang cepat diproses di dalam tubuh manusia serta sangat baik untuk penderita kencing manis (diabetes). Alasannya, gula yang terdapat dalam kurma merupakan gula diperlukan tubuh kita.

ANGGUR

Buah ini, walau lumayan mahal, namun sangat digemari anak-anak. Di dalam Alquran, buah anggur disebut-sebut enam kali. Semua hal berkaitan dengan buah ini di Alquran melambangkan kenikmatan dan kurnia Allah kepada hamba-Nya.
Vitamin yang terdapat di dalam buah ini, antara lain mineral (fosfor), kalsium, vitamin A dan B serta gula (glukosa dan fruktosa). Hal-hal itu sangat diperlukan oleh limpa dan dikeluarkan ketika diperlukan seperti ketika berpuasa.


BUAH TIN

Allah telah bersumpah tentang buah ini di dalam Alquran. Lalu, apa istimewa buah ini sehingga Allah bersumpah atas namanya?
Menurut penelitian, buah tin tidak mengandung garam, lemak dan kolestrol. Ia mengandung kalium, serat dan zat besi lebih tinggi. Dalam 100 gram buah tin mengandung 20 persen keperluan serat harian manusia.

Dari jumlah tersebut, 28 persen merupakan jenis serat terlarut yang membantu mengurangkan gula dan kolestrol dalam darah dengan mengikatnya di dalam saluran pencernaan.

Buah tin juga mengandung kandungan yang dapat melawan kanker. Di dalam buah tin terdapat polyphenols yang tinggi sebagai antioksidan. Ini berfungsi sebagai radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kanser.

Tak hanya itu, buah tin juga mengandung Benzaldehyde serta Coumari ns. Benzaldehyde terbukti mampu sebagai bahan anti tumor dan coumarins merawat kulit dan kanker prostat.

BUAH ZAITUN

Buah zaitun digunakan sebagai bahan makanan, obat perut, penawar racun serta membantu pesakit gastric dan penderita kegagalan fungsi buah pinggang.

Jika digunakan untuk bagian tubuh luar, ia berfungsi sebagai pelicin dan pelembut kulit saat menderita eksim, dan psoriasis serta meremajakan kulit.

Dari sisi sains, minyak zaitun mengandungi asid lemak dikelaskan sebagai monounansaturated yang mampu merendahkan kolestrol berbahaya dalam darah.

TEMBIKAI (Semangka)

Rasulullah SAW menjadikan tembikai sebagai makanan kegemarannya. Rasul sangat menyukainya dan dipadukan dengan kurma kering.
Dari penelusuran di Wikipedia, tembikai ini nama lain dari semangka. Buah ini mengandung 92 persen air dan selebihnya gula. Selain itu, kaya vitamin C dan mengandungi antioksidan lycopene dan betakarotena mampu mencegah berbagai penyakit terutama kanker.
Buah ini juga mengandung asid folik, sejenis vitamin B yang diperlukan oleh ibu bagi menghalang bayi dalam kandungan mengalami kecacatan dan penyakit jantung.

DELIMA

Buah delima merupakan buah yang dipilih oleh Allah dan disebut-sebut dalam Alquran. Dalam hadis diriwayatkan Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW bersabda, “Makanlah buah delima beserta minyak dan atau lemaknya kerana ia dapat mengaktifkan pencernaan,”(HR. Imam Ahmad).
Dalam buku At-Tibb an-Nabawi disebutkan, “Sesungguhnya buah delima itu sangat baik untuk perut karena akan menguatkannya.”
Buah delima diyakini dapat membantu mengatasi sembelit wasir, gangguan dalam perut, menghambat pertumbuhan sel kanker, batuk, radang paru-paru, pendarahan sewaktu kehamilan dan menjaga kesehatan jantung.

Melihat kepada keistimewaan buah-buahan kegemaran Rasulullah s.a.w ini menjadikan kita mensyukuri nikmat yang tidak terhingga ini.

Silahkan like and share jika dirasa bermanfaat.....

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini