ads

Minggu, 19 Juni 2016

Tips menghilangkan kesombongan yang dikonsep oleh imam gozali

1. Bila sombong dikarenakan keturunan hendaknya mengobati diri dengan senantiasa mengkaji kembali asal kita, yaitu debu dan air mani. . 2... thumbnail 1 summary
1. Bila sombong dikarenakan keturunan hendaknya mengobati diri dengan senantiasa mengkaji kembali asal kita, yaitu debu dan air mani.
.
2. Andai kesombongan dilatar belakangi paras cantik atau tampan, hendaklah kita lebih banyak melihat kepada apa yang terkandung dalam batin kita bukan pada lahirnya saja.
.
3. Apabila sombong sebab kekuatan, dapat diobati dengan pengetahuan bahwa penyakit dapat membuat kita sekejap terkulai lunglai dan tak berdaya.
.
4. Jika karena harta bisa diobati dengan menumbuhkan kesadaran bahwa harta kekayaan, pendukung dan pengikut itu suatu saat akan meninggalkan kita yaitu saat maut menjemput. Kita ditinggalkan tanpa satu benda pun yang ikut kecuali amal.
.
5. Bila sebab keilmuan dan keahlian yang kita miliki, dapat diatasi dengan cara pertama-tama menumbuhkan kesadaran pada pribadi kita bahwa Allah SWT memaklumi orang yang bodoh, dan sama sekali justru tidak memaklumi orang yang mempunyai pengetahuan. Kedua dengan menyadari segenap diri bahwa takabur hanya pantas buat pencipta.
.
6. Jika sombong karena ketaatan beribadah, lihat rosul yang paling sempurna dan dijamin masuk surga tidak pernah merasa sombong, tetap menampakkan keakraban dan kerendah hatiannya terhadap sahabat.
.
Semoga ini bisa membangun mahkota dihati yaitu merasa rendah hati dan sayang kepada sesama.
Aamiin ^^
.
Kontribusi oleh kiciks.id
Disadur dari ak-site.blogspot.co.id dengan pengubahan seperlunya

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini