ads

Kamis, 23 Juni 2016

Belajar online itu seperti sharing

Jauh-jauh sebelum Harukaedu dicanangkan Kemdikbud, saya sudah memiliki pengalaman belajar online dalam bentuk study tema-tema dan soal-s... thumbnail 1 summary

Jauh-jauh sebelum Harukaedu dicanangkan Kemdikbud, saya sudah memiliki pengalaman belajar online dalam bentuk study tema-tema dan soal-soal pilihan ganda di dw.com. Fasilitas belajar online bahasa Jerman di Website itu bisa diakses para pembelajar bahasa Jerman dari seluruh dunia secara gratis. Adapun fasiitas-fasilitas Web itu untuk belajar online ialah:
1). Belajar mengerjakan soal-soal secara online di Twitter
Inilah Salah Satu contoh soal dalam 10 soal-soal pembelajaran bahasa Jerman di Twitter:
Online
1.Dieser Artikel war extrem interessant ____!
a) um zu lesen
b) zu lesen
2.Ich muss zwar den ganzen Tag arbeiten, aber wir können ____ gerne kurz telefonieren.
a) zwischen
b) zwischendurch
c) dazwischen
3.Ich bin total zufrieden mit meinem neuen Job. Das Arbeitsklima ist sehr ____
a) angenehm.
b) wohl.
Jawaban a
(terjemahannya: Saya benar-benar senang dengan pekerjaan baru saya. Lingkungan kerja sangat menyenangkan (sehr angenehm)
4.Hier herrscht noch das totale Chaos, wir sind erst letzte Woche ____
a) eingezogen.
b) umgezogen.
c) gezogen.
d) Mehrere Optionen möglich—à
jawabannya d
Terjemahannya: Kekacauan total di sini memaksa kami untuk pindah (umgezogen), ditarik (gezogen) minggu lalu. Jawabannya ialah Mehrere Optionen möglich (beberapa pilihan mungkin benar), karena jawaban benar bisa b bisa c Learn German @dw_learngerman
5.Vor dieser Lehrerin musst du dich in Acht nehmen. Alle ____ sich vor ihr.
a) fürchten
b) befürchten
(Terj. Sebelumnya ibu guru harus memberimu angka delapan. Semua ketakutan a. sendiri di depan kamu
6.Ich überlege, ob ich mich ________ machen soll. Ich wäre gerne mein eigener Chef.
a) selbstständig
b) eigenständig
c) unabhängig
7.Ich würde nie einer politischen Partei ____.
a) eintreten.
b) beitreten.
c) treten.
(Terj. Saya tidak akan pernah bergabung (beitreten) dengan Partai politik—-eintreten=terjadi, beitreten=bergabung dan treten=berkontak)
8.Ich würde mich gerne ehrenamtlich engagieren und in einen Verein ____.
a) eintreten
b) treten
c) beitreten—à
Jawabannya c—à
Terj. Saya ingin melibatkan diriku dan (bergabung=beitreten) menjadi relawan untuk sebuah organisasi sosial
9.Welchen Ausdruck kann man verwenden, wenn man Schwierigkeiten mit etwas hat?
a) mit etw. kämpfen
b) mit etw. fechten
c) mit etw. Streiten—à
Jawabannya a=berjuang.
Terjm. Pilihan manakah yang anda gunakan bila anda menemui persoalan dengan sesuatu? —
Jawabannya berjuang (a).
Jawaban yang salah fechten=anggaran dan Streiten=berdebat
10.Wow, heute wird ____ Eis in der Stadt verteilt. Da müssen wir hin!
a) gratis
b) teures
c) kostenloses
d) Mehrere Antworten sind korrekt.–
2). Belajar materi-materi bahasa Jerman
3). Menguji kemampuan kita menterjemahkan tema-tema penting dalam bahasa Jerman yang disajikan secara aktual dalam Web itu
Salah satu hal yang sangat menarik ialah bahwa pengerjaan soal-soal di Twitter bisa dilakukan oleh para pembelajar bahasa Jerman dari seluruh dunia, dari berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini sangat menarik sekali. Ketika saya mulai melakukan pembelajaran secara online di Web ini, rasanya jangkauan saya menjadi lebih mendunia. Saya seperti duduk dalam kelas universal di mana kawan-kawan pembelajar saya berasal dari seluruh penjuru dunia. Luar biasa. Maka pergaulan manusiapun menjadi luas. Melalui Web ini, saya sungguh merasakan bahwa dunia ialah sebuah global village, sebuah kampung atau desa global di mana batas-batas antara negara semakin tipis saja.
Selain itu, pembelajaran bahasa Jerman melalui Web ini membuat saya merasa sangat modern karena bahan-bahan atau materi yang disajikan sangat up to date atau sesuai dengan perkembangan zaman. Hal yang saya tidak temukan ketika saya menggunakan teks-teks buku yang tersedia di Perpustakaan sebab teks-teks itu tampaknya sudah agak ketinggalan zaman, di mana terbitan-terbitan teks itu sudah lama sekali.
Kesulitan saya dalam mengakses Web ini hanyalah waktu, alat dan tempat, juga dana serta kecepatan internet dan listrik. Namun sebenarnya saya telah memulai hal-hal yang dirasa sudah maju dari orang-orang seusia saya atau guru-guru seusia saya yang merasa jauh dari ibu kota namun kurang memiliki kemauan untuk belajar online. Marilah kita melanjutkan semangat belajar online melalui Harukaedu demi meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini