ads

Sabtu, 27 Agustus 2016

Asal kata ojo dumeh

  Ojo Dumeh, berasal dari bahasa jawa yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah "jangan karena". Namun jika diartikan ka... thumbnail 1 summary
 

ojo dumeh

Ojo Dumeh, berasal dari bahasa jawa yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah "jangan karena". Namun jika diartikan kata perkata, Ojo berarti jangan, dan Dumehberarti Sombong.  Jadi, Ojo Dumeh pada hakikatnya adalah suatu nasehat, yang mengatakan jangan sombong, selalu berbagi pada sesama dan saling mencintai satu sama lain. Hal ini mengisyaratkan kepada semua orang, agar tidak terlarut dengan apa yang dimiliki, sehingga dia pamer dan lupa diri, karena itu akan berakibat negatif pada orang tersebut dan lingkungannya.


Kata ojo dumeh dalam bahasa jawa memiliki makna yang luas, seperti kata-kata pepatah jawa berikut ini :


• Aja Dumeh Kuwasa, Tumindake daksura lan daksia marang sapada-pada, artinya janganlah mentang –mentang menjadi penguasa, segala tingkahnya menjadi sombong dan congkak serta sewenang –wenang terhadap orang lain.


 • Aja dumeh pinter, tumindake keblinger, berarti jangan mentang –mentang diakui pintar kemudian kelakuannya menyimpang dan tidak bijaksana dari aturan yang ada. Karena orang pintar belum tentu mengetahui segalanya.


 • Aja dumeh kuat lan gagah, tumindake sarwa gegabah, artinya jangan mentang –mentang kuat dan gagah lalu tindakanya selalu gegabah dan semaunya.


 • Aja dumeh sugih, tumindake lali karo sing ringkih, berarti jangan mentang –mentang kaya lalu tingkah lakunya tidak peduli kepada yang lemah ekonominya.


• Aja dumeh menang, tumindake sewenang-wenang, artinya jangan mentang-mentang dapat mengalahkan lawan lalu tindakanya sesukanya kepada lawan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini