ads

Minggu, 28 Agustus 2016

13 Manfaat Rumput Teki Bagi Kesehatan

Rumput teki atau   (Cyperus rotundus L) adalah salah satu tanaman gulma sejenis rumputan. Tetapi, rumput teki memiliki kandungan beraga... thumbnail 1 summary
suket teki rumput teki

Rumput teki atau (Cyperus rotundus L)adalah salah satu tanaman gulma sejenis rumputan. Tetapi, rumput teki memiliki kandungan beragam bahan utama untuk penyembuhan herbal. Kandungan intinya yaitu minyak atsiri yang ada dalam umbi rumput ini.

Rumput teki bisa tumbuh dengan baik pada dataran dengan ketinggian 1000 mtr. dari permukaan laut. Rumput teki masuk dalam kerajaan plantae serta family cyperaceae. Ciri lain dari rumput teki ini yakni bunga berwarna hijau agak kecoklatan serta letaknya diujung tangkai dengan tiga tunas. Helaian benang sari warnanya kuning jernih serta sebagaimana bunga berbulir, mengelompok terlihat sebagaimana payung. Buah teki memiliki bentuk sebagaimana kerucut besar di pangkalnya, buah terkadang berwarna coklat yang mempunyai panjang 1. 5 hingga 4. 5 cm serta diameternya 5 hingga 10 mm. Daun rumput teki memiliki bentuk sebagaimana pita serta warnanya mengkilat, serta umumnya ada 4 sampai 10 helai dalam satu rumput teki. Teki membuat umbi yang warnanya coklat agak hitam umumnya terpendam dalam tanah serta bila dikonsumsi terasa pahit.
Berdasar pada hasil riset bahwa umbi teki banyak terkandung senyawa kimia salah satunya glikosida jantung, alkaloid, flavonoid serta minyak menguap. Tetapi baginya riset isi kandungan rumput teki bervarisi berdasar pada di daerah mana teki itu tumbuh. Minyak utama dari rumput teki ini sekurang-kurangnya memiliki kandungan 27 senyawa diataranya epokside, hidrokarbon, monoterpen, seskuiterpen, keton-keton serta alifatik alkohol serta masih banyak senyawa lain yang masih belum teridentifikasi.
Berikut 13 manfaat umbi rumput teki bagi kesehatan dan kecantikan :
1. Merangsang ASI (Air Susu Ibu)
Untuk merangsang keluaranya ASI (Air Susu Ibu) dapat memakai umbi rumput teki yang di tumbuk, begitupun hentikan pendarahan pada rahim
2. Bisa melakukan perbaikan siklus menstruasi
Umbi dari rumput teki nyatanya juga sangatlah berguna untuk melakukan perbaikan siklus menstruasi atau haid pada wanita. Banyak dari wanita ketika ini yang alami permasalahan pada siklus haidnya, lantaran beragam jenis hal, sebagaimana stress, pola makan yang tidak sehat serta beberapa hal yang lain yang bisa mengganggu siklus haid atau menstruasi.
Langkah pembuatannya cukup gampang yaitu
·         Siapkan umbi dari rumput teki, lalu bersihkan bersih
·         Haluskan umbi rumput teki, lalu rebus sampai mendidih
·         Minum hasil dari rebusan umbi rumput teki itu dengan teratur
3. Bisa menyembuhkan keputihan
Manfaat rumput teki untuk kesuburan juga sangatlah utama untuk beberapa wanita, lantaran rumput teki dapat untuk menghindar terjadinya keputihan. Keputihan adalah salah satu permasalahan yang mencemaskan nyaris semua wanita serta karenanya ada rumput teki, jadi keadaan keputihan ini bisa terselesaikan serta bisa terlepas dari keputihan. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan umbi rumput teki.
4. Membuat lancar buang air besar
Salah satu permasalahan pencernaan yang paling kerap dihadapi yaitu kesusahan buang air besar, serta buang air besar merasa keras serta tidak lancar, dan kerap alami sakit perut. Nah, karenanya ada obat herbal yang datang dari umbi rumput teki ini, jadi ditanggung, keadaan pencernaan anda bisa jadi tambah baik, hingga bisa menolong memperlancar buang air besar.
5. Bisa menyembuhkan kencing batu
Rumput teki untuk kesehatan kita yaitu bisa menyembuhkan kencing batu. Nyatanya, umbi dari rumput teki ini jika di rebus serta di proses dengan pas bisa menolong mengobati kencing batu. Kencing batu yaitu satu tanda-tanda di mana saluran kencing tertahan oleh penggumpalan serta pengkristalan dari kotoran. Masalah ini bakal menghalangi saluran kencing.
Di bawah ini langkah memproses umbi dari rumput teki untuk menyembuhkan kencing batu :
·         Siapkan umbi dari rumput teki, lalu bersihkan bersih
·         Haluskan umbi rumput teki, lalu rebus sampai mendidih
·         Minum hasil dari rebusan umbi rumput teki itu dengan teratur sampai tanda-tanda kencing batu hilang
6. Mempercepat sistem pembekuan darah
Umbi rumput teki yaitu bisa mempercepat sistem pembekuan darah serta bisa menolong mengobati luka yang anyar. Saat anda terjatuh serta terluka, jadi rumput teki bisa jadi andalan untuk menolong mempercepat pengobatan luka anda, lantaran bisa menolong sistem pembekuan darah.
Langkahnya cukup gampang, anda bisa tempelkan rumput teki di bagian badan yang terluka, lalu tunggulah sampai luka itu merasa jadi kering, lalu bersihkan dengan memakai air bersih.
7. Sebagai obat anti nyamuk
Anda telah jengkel dengan gigitan nyamuk, serta jengkel dengan adanya banyak nyamuk yang berkeliaran? Bila demikian coba untuk menjadikan pasta dari umbi serta daun dari rumput teki. Dengan memakai umbi serta daun dari rumput teki, jadi nyamuk yang berkeliaran di sekitar anda bisa terselesaikan, lantaran nyamuk tak suka dengan rumput teki, hingga bakal efisien sebagai salah satu obat nyamuk alami.
8. Turunkan demam
Rumput teki yaitu sebagai obat untuk turunkan demam serta panas. sisi dari rumput teki yang dipakai yaitu sisi umbinya. Umbu dari rumput teki ini bisa anda tumbuh serta dihaluskan. Lalu selepas dihaluskan, umbi dari rumput teki bisa anda campur dengan sedikit air, lalu kompreslah ramuan itu pada orang yang alami panas serta demam. Dengan demikian, jadi panas bakal selekasnya turun.
9. Sebagai obat penenang
Umbi yang di rebus serta air rebusannya diminum dapat dipakai sebagai obat berberapa penyakit,
10. Antioksidan
Studi ekstrak rimpang akar teki memberikan dampak penangkapan radikal anion superoksida, radikal OH, NO radikal, H2O2, serta kelat logam.
11. Anti obesitas
Ekstrak umbi dapat merangsang lipolisis. Dampak kenaikan berat tubuh mungkin saja beberapa dimediasi lewat aktivasi SS3-AR. Hasil tunjukkan ekstrak umbi mempunyai potensi sebagai suplemen herbal untuk mengontrol berat tubuh
12. Bisa mengobati beragam penyakit kulit
Manfaat yang lain yang sangatlah utama dari rumput teki serta umbi dari rumput teki ini yaitu dapat untuk mengobati beragam jenis penyakit kulit. Penyakit kulit sebagaimana eksim, panu, kutu air, ruam serta beragam jenis penyakit kulit yang lain bisa sembuh dengan memakai rumput teki.
Yang butuh anda kerjakan yaitu ukup dengan merajang daun rumput teki. Lalu lalu mengompres sisi kulit yang alami penyakit kulit sampai merasa dingin serta kerjakan berkali-kali sampai penyakit kulit itu sembuh.
13. Berguna bagi kecantikan
Umbi Rumput Teki atau Extrapone nutgrass ini, salah satu bahan nomer satu untuk singkirkan flek-flek hitam dengan cepat. serta tengah tren di barat, pada intinya adalah ekstrak dari tanaman yang mempunyai hasil yang luar umum jika dipakai pada flek-flek hitam di kulit muka. Ini tidak cuma kurangi bintik-bintik disebabkan aspek umur, namun konon product Extrapone nutgrass dapat singkirkan sinyal tanda penuaan sebagaimana lingkaran hitam, kantung mata, kulit kendur serta keriput juga.
Langkah membuatnya umbi rumput teki basah di bersihkan bersih, lalu langsung di tumbuk leburkan, selepas itu peras hingga bersih, air perasan bakal mempunyai endapan pati (bila anda menumbuk dalam jumlah banyak, tiriskan airnya serta jemur endapan ekstrak umbi rumput teki sampai kering) yang bermanfaat untuk jadikan masker.
Demikianlah 13 manfaat rumput teki bagi kesehatan dan kecantikan.  Semoga info yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

tulis komentar mu di sini